TGH M Mutawalli Yahya kalimi ( jero waru ) " Ulama Lombok " | Cinta NW

 T.G.H. Muhammad Mutawalli Yahya A1 Kalimi (Jerowaru). Nama kecil Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli Yahya AlKalimi adalah Imran. Dilahirkan pada tahun 1921 M di kampungDirek, desa Jerowaru kabupaten Lombok Timur. Ayahnya seorangyang diberikan nama populer Guru Yahya atau Guru Yahye. Julukan31 guru diberikan kepada ayahandanya kar&a ia tekun, aktif dan rajinmenjadi guru ngaji. Sedangkan ibundanya bernama Inaq Nasar.Pengembaraannya dalam menuntut ilmu berawal dari pendidikankeluarga kemudian disekolahkan di sekolah Belanda Yolk School pada tahun 1927 M sampai dengan 1930 M.

 Setelah menyelesaikansekolah rakyat ia melanjutkan studi di Kediri Lombok Barat padasalah seorang Tuan Guru yang terkenal akan kesolehan dankeilmuannya yaitu Tuan Guru Haji Lalu Abdul Hafidz.Imran dikenal sebagai orang yang tekun, saleh dan cerdas.Pada saat belajar di Lombok Barat inilah Imran mulai bersentuhandengan kitab-kitab klasik yang membahas nahwu, sharaf, tauhid,ushul fiqh, dan fiqh. Kemudian sekitar tahun 1945 M, beliau berangkat ke Mekah al-Mukarromah.

 Setelah beliau pulang daritanah suci, beliau berkiprah melakukan pembinaan keluarga dalammembangun sumber daya manusia. Beliau juga dianggap mampumengubah pola pikir masyarakat yang menganut paham animisme,dinamisme dan pengikut ajaran Islam Waktu Telu yang masih berkembang luas di masyarakat.Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli Yahya A1 Kalimi juga berkiprah dalam berbagai bidang, terutama dalam pengembangan dunia pendidikan, seperti membuka majlis taklim,membuka lembaga pendidikan dasar seperti Lembaga Pendidikan Nahdlatul Awam, Pondok Pesantren Darul Aitam dll.


Dalam bidangsosial beliau juga banyak berkiprah. Bersama masyarakat, beliau juga membuat jalan raya, jembatan, serta membangun panti sosial.Dalam bidang ekonomi beliau juga membangun pasar rakyat,membuka lahan pertanian. Sedangkan dalam bidang politik beliau juga mengikuti berbagai organisasi politik seperti Masyumi danGolkar.Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli Yahya Al Kalimiwafat pada tanggal 4 Rajab 1403H (4 April 1984 M) di Jerowaru,dan dimakamkan di dekat kediaman beliau. Lautan manusia berbondong-bondong membanjiri pemakamanbeliau, baik darikalangan pemerintahan maupun para alim ulama serta masyarakatumum..



Share:

0 ulasan:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG PECINTA NAHDATUL WATHAN/ POKOKNYA NW / POKOK NW IMAN DAN TAQWA / cintanw.blogspot.com
SEPUTAR SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSA TENGGARA BARAT DAN NUSANTARA INDONESIA

HIMPUNAN SEJARAH

Popular Posts